Pusing-Pusing Penang, Malaysia

Halloooo Halloooow

Hi kalian semua apa kabarnya?

Kali ini gw mau share pengalaman ke Penang Malaysia. Perjalanan dari Singapura menggunakan Airasia memakan waktu 1 jam dan 20 menit. Penang merupakan pulau yang berada di selat malaka dan terhubung dengan jembatan terpanjang di Asia tenggara dari mainland Malaysia. Mayoritas penduduk di Penang adalah chinese-melayu oleh karena itu kalian bisa menemukan banyak sekali bangunan dengan sentuhan budaya cina. Georgetown adalah ibukota dari penang, Georgetown dikenal dengan “old city” karena di kota ini banyak sekali bangunan tua yang dilindungi sebagai cagar budaya.

Sesampainya di Penang, gw mendarat di #PenangInternationalAirport. Gw janjian dengan tante gw untuk #pusingpusingpenang bareng. Oia airportnya bagus karena habis di renovasi jadi seperti brand new dan bersih. Selain menggunakan pesawat, dari mainland Malaysia kalian bisa menggunakan bus untuk mencapai Penang. Ada 2 terminal bus di Penang yaitu Butterworth & Sungai Nibong express bus terminal. Kedua terminal bus ini berguna sebagai penguhubung antara Penang dengan kota lain di Malaysia. Sangat mudah dan bus disini terlihat lebih terawat dibandingkan di Indonesia.

Menurut gw, salah satu masalah di kota Penang adalah transportasi. Sebenarnya ada #rapidpenang (semacam busway di Jakarta atau smrt di Singapura), tetapi waktu tunggu yang tidak menentu pastinya akan menggaggu travel time gw yang singkat di Penang, alhasil satu-satunya cara adalah menggunakan taxi yang super mahal karena taxi sangat jarang disini dan mereka tidak mau menggunakan argo! Bayangkan aja dari bukit bendera ke hotel rainbow paradise yang jaraknya cuma 12km si taxi ngasih harga RM 60 ( sekitar Rp. 180.000) mahal kan?? Oia taxi online juga belom happening banget di Penang, pilihan lainnya kalian bisa sewa mobil untuk seharian. thanya saja menunggunya sangat lama dan tidak tentu kapan datangnya.

Tempat wisata pertama yang gw datangi yaitu #PenangHill alamatnya di Jalan bukit bendera 11500 ayer itam. Biaya masuknya RM 30 per orang. Kita harus menggunakan kereta untuk sampai ke atas bukit. Gw cukup amazing sama rel keretanya, karena relnya menungkik keatas! Setelah sampai di puncak bukit, udaranya akan berubah menjadi lebih sejuk dan dari atas sini kalian bisa liat seluruh kota penang nan cantik dari kejauhan. Untuk makanan, Penang hill menyediakan foodcourt murah meriah dengan makanan melayunya dan beberapa restaurant yang menyediakan makanan western, semuanya bisa disesuaikan sesuai budget traveling kalian.

Berikutnya masih di daerah Ayer itam, gw mengunjungi #KekLokSiTemple. Ini merupakan temple budha terbesar di Malaysia. Kek lok si temple menjadi temple terpenting dalam jalur peninggalan agama budha, khususnya bagi masyarakat budha yang tinggal di Hongkong, Singapura, Filipina dan negara Asean lainnya. Kek lok si temple memeliki pemandangan yang super fantastik menghadap laut. Bangunan yang terkenal disini adalah & storey pagodan dan patung besar dari dewi kuan yin. Masuknya gratis, jaga kebersihan dan jangan lupa berdonasi ya!

Gw stay di Hotel rainbow paradise beach resort letaknya di daerah Tanjung bungah. Harga per malam RM 165 (sekitar Rp. 500.000), fasilitas lengkap dengan kolam renang, shuttle car ke pusat kota, ukuran kamar sangat luas dan sarapan. Hotelnya  langsung menghadap ke laut tetapi air lautnya kurang bersih jadi gw lebih memilih berenang di kolam untuk menyegarkan diri setelah seharian jalan dibawah sinar matahari. Kita memilih stay disini karena dekat dengan #nightmarketbatu feringgih yang terkenal di Penang. Di night market kalian bisa menemukan berbagai macam penjual di sepanjang trotoar, mulai dari oleh-oleh khas malaysia, pakaian, tas dan semua barang branded yang kw alias palsu.

Jangan lupa makan di Seafood foodcourt. Disini berbagai macam seafood bisa kalian temukan. Dari yang paling mahal sampai murah semua ada, kepiting dari semua ras ada!Hello kolesterol lah pokoknya, secara seafood di Singapura harganya ga ada yang murah πŸ˜…

Next dengan menggunakan free shuttle hotel, kita diantar menuju komtar. Dari komtar kita jalan kaki menuju kimberly road di Georgetown. Ada tempat unik disini, namanya #UpsideDownMuseum. Biaya untuk memasuki museum adalah 27RM per orang. Konsepnya seperti rumah tetapi semua perabotannya terbalik atau tertempel di langit-langit. Anyway fun lah didalam museum ini, karena museumnya tidak terlalu besar jadi di dalam museum kalian bakal dibantu karyawan untuk berfoto. Mereka akan memberitahu pose terbaik untuk setiap ruangan. #insatgramable banget lah.

Puas di Upside down museum kita melanjutkan perjalanan menuju Raja tun Uda ferry Terminal. Kita harus menyebrang menggunakan fery untuk mengejar bus menuju kota Lumut di Perak Malaysia. Perjalanan dari museum menuju pelabuhan ferry sekitar 15 menit dan melewati jalan armenian street di Georgetown. Armenian street adalah jalanan di penang yang terkenal dengan grafiti (lukisan dinding).

Sekian cerita gw dari Penang, semoga membantu buat kalian yang akan traveling ke Penang. Semangat cari tiket promo yah dan happy traveling!!

Lot of loves,

CK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s