Mabok seafood di Phuket Thailand

#Phuket merupakan pulau terbesar di selatan Thailand dan terletak di Laut Andaman. Pada tahun 2004 terjadi gempa bumi di laut india yang menyebabkan tsunami besar disepanjang pantai barat,  selain Aceh di Indonesia, Phuket merupakan daerah lain yang terkena dampak tsunami. Sekitar 250 orang ditemukan meninggal disepanjang pantai barat Phuket, yaitu pantai patong, karon, kata dan kamala.

Pada tahun 2006, Thailand menginstalasi tsunami detector yang mereka beli dari pihak Amerika dan dipasang sepanjang daerah pantai yang berpotensi terjadinya tsunami. Jadi apabila ada peringatan tsunami maka semua orang akan dievakuasi ke bukit- bukit yang ada. Gw masih ga abis pikir, kebayang orang-orang yang lagi santai di pinggir pantai kayak gw waktu itu kena tsunami, masyaallah semoga semua korban dapat tempat terbaik ya. amin

Pesawat dari Singapura ke Phuket hanya memakan waktu 1 jam dan 40 menit. Phuket International Airport itu besar dan bagus sekali. Imigrasi line nya juga banyak banget. Karena pendapatan terbesar Phuket dari turis, gw ngerasa banget kalau pemeritahan disana berusaha memberikan fasilitas terbaik dan ternyaman bagi turis yang datang. THUMBS UP!

Karena letak airport yang jauh dari pusat keramaian kota, maka untuk menuju pusat kota, ada 2 pilihan yang bisa kalian ambil. Pertama gunakan mobil mini van sharing dengan 12 penumpang lainnya seharga TBH 150 – 300,  tergantung daerah mana yang  akan kalian datangi. Kedua gunakan taxi, biaya jelas lebih mahal antara TBH 800 -1500. Kali ini gw dan Nico stay di daerah pantai Karon dan biaya menggunakan mini van dari airport yaitu TBH 200 / orang. Mini van akan beroperasi apabila penumpangnya sudah mencapai 12 orang, maka bersabarlah namanya juga pilih yang murah. Buat gw, ini pengalaman pertama ke Phuket. Si Nico pernah backpackeran selama 6 bulan keliling Thailand so this is his second round. Gw pilih menginap di daerah Karon karena menurut gw di daerah pantai patong terlalu sesak dan penuh banget.

Nama hotelnya #BannChaylang. Hotel ini hanya memiliki 16 kamar yang super cozy dan sangat colorful. Harganya TBH 1200 / malam ( Rp. 500.000 ) dengan fasilitas kolam renang kecil ditengah hotel. Kamarnya bersih, kamar mandinya luas, rasa-rasanya seperti ada di rumah sendiri lah. Manajemen hotelnya juga santai banget dan setiap hari kamar pasti dibersihkan. Dari hotel menuju pantai karon memakan waktu berjalan kaki sekitar 15 menit dan sepanjang jalan banyak banget restaurant seafood, tempat pijat, penyewaan motor, tour agency dan mini market. Kata Nico dulu waktu dy backpacker kesini, tempat pijat merupakan sarang prostitusi alias “happy ending massage” tapi sekarang setiap tempat pijat ada tulisan “no happy ending” lebih baik pastinya.

IMG_4946

Cara paling mudah untuk mengelilingi Phuket adalah menyewa sepeda motor, biayanya TBH 230 untuk 24 jam ( Rp. 88.000) dan apa saja yang bisa dilihat in Phuket?

#Karonbeach

Pantai karon merupakan pantai favorit kedua setelah Patong. Panjanya sekitar 3km dan pantai ini dibuka untuk umum. Kalian bisa meyewa payung besar seharga TBH 200 untuk seharian. Pantainya sangat tenang dan di sore hari kalian bisa menikmati sunset nan cantik. Apabila kalian ingin berenang, cobalah perhatikan papan keselamatan yang menjelaskan tentang arus liar di sepanjang pantai Karon karena arus ini cukup berbahaya. So becareful & be smart ya!

img_4921img_4914

#Karonviewpoint

Dulunya di kenal sebagai Kata view point. Ini merupakan view point yang selalu sibuk setiap harinya. Dari sini kalian bisa melihat pemandangan yang super duper cantik dari Kata Noi, Kata yai dan pantai karon. Orang lokal menyebutnya “Khao saam haad” yang artinya Bukit 3 pantai. Laut yang biru, pasir yang putih, Pulau koh pu dan pemandang hijau hutan Phuket merupakan kombinasi yang terlihat dengan jelas dari sini.

img_4924img_4922

#Laemphromthepviewpoint

Sering dikenal sebagai Promthep cape, letaknya di atas bukit. Gw perlu sedikit perjuangan untuk mendaki sampai keatas terutama di siang hari saat matahari lagi lucu-lucunya. Tempat ini terkenal sebagai tempat terbaik untuk melihat sunset di Phuket. Pemandangan Laut Andaman yang biru benar-benar menyegarkan mata gw! Oia di tempat parkir kalian akan menemukan banyak sekali toko souvenir dan tempat makan, yang pasti harganya lebih mahal dibanding tempat lainnya di Phuket.

img_4929img_4932

#WatChalong

Merupakan salah satu temple terpenting di Thailand. Temple ini didedikasikan untuk 2 biksu tertinggi yaitu Luang pho chaem & Luang pho Chuang. Untuk memasuki temple ini tidak dipungut biaya alias gratis. Biasanya orang lokal datang kesini untuk berdoa dan turis datang untuk mempelajari penyebaran budaya budha di Phuket. Kalian bisa masuk kedalam bangunan, melihat relief budha dan mencapai lantai teratas. Selalu gunakan pakaian sopan yang menutupi lengan dan kaki, jam operasional yaitu dari jam 7 pagi sampai 5 sore.

img_4934img_4935img_4917img_4918img_4920

#bigbudha

Patung buda setinggi 45 meter terletak di Nagakerd hill. Kalau kalian sudah di daerah Calong, patung ini gampang sekali ditemukan dan sudah terlihat dari kejauhan. Bukanya dari jam 6 pagi sampai 7 malam, masuknya gratis dan gunakan baju tertutup untuk menghormati sang Budha ya.

#Aphroditecabaretshow

Cabaret merupakan salah satu atraksi menarik di Thailand karena tidak semua negara memilikinya. Cabaret tersebar diseluruh penjuru Thailand dan menampilkan pertunjukan perempuan Thai yang cantik-cantik. Yang menjadi pertanyaan gw, perempuan yang tampil itu beneran apa jejadian yah?? Mengingat Thailand merupakan negara yang sangat mendukung transgender dan terkenal dengan ladyboy atau banci. Anyway biaya yang gw bayar untuk melihat show ini sebesar TBH 600. Aphrodite merupakan cabaret baru di Phuket mulai beroperasi tahun 2010. Cabaret show tertua di Phuket namanya Simon cabaret show.

Sepanjang show tidak ada satupun orang yang boleh merekam video ataupun mengambil gambar. Apabila melanggar dapat dikenakan sanksi dari pihak yang berwajib. Shownya sendiri tidak memiliki alur yang jelas tetapi cukup menarik. Penari perempuan terlihat lebih semangat ketika memainkan sebuah karakter dibandingkan penari laki-lakinya yang bergerak hanya seadanya. Di akhir show kalian dipersilahkan berfoto dengan penari yang ada dan dikenakan biaya TBH 20 untuk sekali foto. Jujur gw ga merekomendasikan buat nonton disini karena kurang greget gitu, entah bagaimana dengan cabaret lainnya karena ini pertama kalinya gw nonton cabaret di Thailand dan ga mau lagi.

img_4951

#Seafoodrestaurant

Phuket itu syurganya seafood murah. Jadi kalau kesini wajib makan seafood setiap hari. Mulai dari udang, kepiting, lobster, kerang harus di coba! Harganya jelas lebih murah di banding Singapura. Sepanjang pantai Karon kalian bebas memilih restaurant dan rata-rata semua seafoodnya fresh from the sea!

img_4975img_4967

Gw ga bisa island hopping karena waktu naik motor pas hujan-hujanan, gw dan Nico terjatuh dari motor. Kaki kiri gw memar cukup parah menyebabkan susah untuk berjalan tetapi alhamdulilah banget ga pake patah. So gw ga ada cerita dari james bond island, phi-phi island, rancha island, coral island dan island lainnya. Next trip kalau gw kesana lagi akan gw review dan share ke kalian semua. Intinya berhati-hati kalau naik motor di Phuket karena jalanannya naik turun dan licin saat hujan, harusnya pas hujan kita stop untuk berteduh, well shit happen yaa..Anyway semoga cerita gw membantu, happy traveling yaaa!

Lot of loves,

CK

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s