Hiking place – Macritchie Reservoir

Haloooooo

kali ini gw mau cerita tentang tempat hiking di Singapura. Salah satu tempat yang sangat natural dan wajib di kunjungi adalah Macritchie Reservoir. Macritchie merupakan reservoir pertama dan tertua di Singapura. Luasnya 12Hektar didalamnya terdapat danau reservoir yang dikelilingi hutan hujan tropis. Banyak sekali pohon-pohon besar yang bisa kalian temukan disini, spesies paling banyak adalah pohon karet. Disetiap sudut reservoir kalian bisa menemukan peta petunjuk jadi tidak usah takut untuk explore taman ini.

Ada beberapa pilihan trail / hiking track di Macritchie reservoir. Gw dan Nico hiking sejauh 8,7km dimulai dari central catchment nature reserve – treetopwalkย  – prunus trail – chemperai trail. Apabila kalian mau mengelilingi seluruh reservoir jaraknyaย  -+12km tetapi kita berdua memotong beberapa trail yang ada, jadi sesuaikan dengan kekuatan kalian yah! Buat kalian yang mau kesini, gw saranin bawa bekal yang banyak karena disini ga ada warung. Fending machine untuk minuman juga susah untuk ditemukan. Oia satu lagi toilet hanya ada di 1 titik dan toiletnya kurang bersih.

Disini ada jembatan gantung terkenal yaitu Tree top walk. Jembatan ini super kece dan merupakan jembatan yang dibangun dengan sponsor dari bank HSBC. Panjangnya 250m dengan ketinggian sekitar 25m. Untuk merasakan jalan di atas jembatan ini kalian harus mengantri karenaย  jembatan ini hanya bisa menampung berat maksimal 1000kg jadi jalannya harus bergiliran. Belom lagi kalau ada monyet yang nangkring di pagar jembatan, hal itu makin memperlambat antrian karena banyak orang yang takut jalan terlalu dekat dengan monyet. Emang sih monyet disini nyeremin apalagi kalo senyum taringnya keluar semua ๐Ÿ˜…

Dari atas jembatan kalian bisa melihat pemandangan yang hijau menyegarkan mata dan keren banget! Jarak dari pintu masuk reservoir sampai treetop walk sekitar 4,5km atau sekitar 2jam berjalan kaki. Tapi worth it buat didatangi ko! Oia dari treetop walk menuju trail utama kalian harus melewati ratusan anak tangga yang curam karena letak treetop walk ini ada di puncak reservoir. Cukup ngos-ngosan lah pokoknya!

Setelah dari treetop walk kita menuju menara yang disebut Jelutong tower. Menara itu tingginya 30 meter dan biasanya digunakan untuk bird sightseeing. kalo buat gw dan nico untuk poto2 aja lah ya! Trail terakhir kita menyusuri Singapore island county golf dan berjalan menyusuri reservoir. Sepanjang perjalanan kita ketemu beberapa binatang reptil yang leluasa lalu lalang. Jujur kadang gw kaget setiap ada gerakan dari pohon, mulai dari biawak, bunglon, kadal, ular kecil ada lah disini.

5 jam sudah kita berjalan di dalam Macritchie reservoir dan saatnya kembali ke rumah. Stasiun MRT terdekat dengan Macritchie adalah Marymount (yellow line). Overall menurut gw bagus banget untuk rekreasi alam, ini yang bikin gw amaze sama Singapura yang masih punya hutan dan dirawat sebaik mungkin dan berguna bagi orang banyak.

Sekian cerita dari gw mengenai sisi lain dari Singapura, semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan informasi ๐Ÿ™‚

Jam buka Macritchie Reservoir : 9 pagi – 5 sore ( selasa – minggu)

Lots of love,

CK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s