A Noodle story – Michelin Guide street food di Singapura

Michelin guide adalah buku pedoman sakti berwarna merah. Kenapa sakti? Karena buku ini merupakan pedoman bagi traveler yang berisikan kumpulan hotel dengan fasilitas dan service tebaik serta tempat makan ter-enak di dunia!

Buku ini diterbitkan oleh perusahaan Perancis bernama Michelin yang merupakan perusahaan yang terkenal sebagai produsen ban automotif. Awalnya buku ini dipublikasikan sebagai pedoman para traveler di Perancis yang berisikan peta, cara mengganti ban, cara mengisi bahan bakar, dimana tempat untuk mencari makan dan tempat untuk menginap. Seiring dengan perkembangan zaman Michelin guide dikenal diseluruh dunia dan menjadi pedoman bagi para pecinta kuliner dalam mencari tempat menginap ataupun tempat makan ter-enak di seluruh dunia. Michelin akan memberikan rating berupa bintang/star 1 sampai 5. Michelin star sangatlah penting bagi pemilik tempat makan di seluruh dunia. Semakin tinggi ratingnya maka tempat makan semakin terkenal dan semakin banyak pengunjung tentunya.

Michelin team akan melakukan inspeksi mendadak menjadi “silent customer” ke tempat makan yang ada. Mereka akan memesan makanan seperti biasa tanpa perlakuan khusus. Michelin team adalah orang-orang yang expert dalam bidang culinary & hospitality. Tidak ada yang tau siapa mereka tetapi kalian yang punya tempat makan, begini kriteria mereka dalam memberikan michelin star :

  1. Kualitas dari produk makanan
  2. Cita rasa yang kaya dan tekhnik memasak
  3. Kepribadian dari juru masak atau koki
  4. Nilai makanan yang sesuai dengan harganya
  5. Konsistensi dari para pengunjung

Salah satu tempat tempat makan yang mendapat 1 bintang dan dipublikasikan dalamΒ  michelin guide adalah A noodle story. Stand makanan yang berada di Amoy street food center terletak di 7 maxwell road Singapura. Amoy street food center merupakan food court/ hawker center yang berada di CBD (central business district) jadi kalau jam makan siang ramenya minta ampun. Gw ga tau kalau ada street food yang masuk michelin guide juga disini, setau gw cuma restaurant chicken rice yang ada di chinatown.

Jam 12 siang ada sekitar 20 orang mengantri di depan stand dan gw urutan ke 21. sekitar 1,5 jam gw rela mengantri karena gw yakin makanan ini patut di coba melihat antusias orang-orang yang pada ngantri sebelum gw. A noodle story cuma menyediakan satu menu saja yaitu Singaporean ramen dengan 2 ukuran yaitu small seharga SG$ 5.90 dan medium SG$ 7.20. Apa saja isinya?

  1. Meltingly tender Char siu -> irisan daging panggang dengan saus bbq
  2. HK style wanton -> sejenis pangsit rebus yang berisi campuran daging atau sayur
  3. Crispy potato-wrapped prawn -> udang goreng yang dibungkus dengan mie dari kentang dan digoreng (ini unik dan enak banget!)
  4. Hot spring egg -> telur yang direbus dengan rempah sehingga warnanya cokelat
  5. Ramen -> mie yang sudah diberikan kuah rahasia dan kaya akan rasa!

IMG_4463

A noodle story hanya melayani makan siang dari hari senin-jumat saja. Bukanya sekitar jam 10 pagi dan ingat biasanya jam 2 siang semua ramen sudah terjual habis!

Kalian para pencinta kuliner yang akan mengunjungi Singapura wajib mencobanya. Singaporean ramen yang kaya akan cita rasa ini. Buat kalian yang mau kesini naik lah MRT downtown line dan stop di Telok ayer, keluar di pintu C dan temukan maxwell street.Belum lengkap rasanya ke Singapura tanpa mencicipi makanan lokal yang murah dan sudah diakui dunia kelezatannya. Selamat berjuang para pecinta kuliner! πŸ˜ŽπŸ€“

Kategori : non Halal food

lots of love,

CK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s