Seharian di St. John Island Singapura

Haloooo Halloooo Hallowwww

Weekend kali ini kita explore ke St John Island! Dimana letaknya? Tenang aja letaknya masih di Singapura. Darimana kita tau pulau ini? Sebenarnya ini ide dari Nico, dy iseng liat googlemaps dan melihat pulau kecil paling selatan di Singapura dan gw lah yang mencari informasi lengkapnya. Saint John Island terletak 6,5km dari mainland Singapura. Cara untuk ke pulau ini dengan menggunakan ferry dari Marina south pier. Hanya ada satu ferry menuju St John island namanya Singapore Island cruise. Waktu kalian tiba di Marina south pier langsung saja cari counter dengan box berwarna orange. Harga tiketnya untuk dewasa SG$ 18 dan anak-anak SG$12.

IMG_4564IMG_4556

Sebenarnya tiket seharga SG$18 membawa kita ke 3 pulau di selatan Singapura yaitu St john island, Sister island, Kusu island dan kembali ke Marina south pier, tetapi gw fokus di St John Island aja karena di pulau lain kurang menarik. ferry pertama dari Marina south pier adalah pukul 9 pagi, ferry berikutnya akan jalan setiap 2 jam sekali. Perjalanan menggunakan ferry selama 30 menit rada membuat gw mabok laut karena gelombang yang cukup besar, untungnya aja gw g pake jackpot karena ada beberapa anak kecil yang jackpot di dalam ferry πŸ˜–

Dulunya St John island digunakan sebagai pulau karantina bagi imigran yang mengidap kolera dan kusta. Konon pada perang dunia II pulau ini menjadi tempat eksekusi bagi tawanan perang. Setelah merdeka St. John sempat juga menjadi tempat pengasingan bagi tahanan politik. Karena sejarahnya yang begitu menyeramkan maka munculah cerita-cerita mistis yang terjadi di pulau ini sehingga St. John island dinobatkan sebagai ‘The haunted place in Singapore” . Percaya atau tidak semua tergantung kalian. Gw sendiri waktu kesini ga ngerasain apa-apa kok, lagipula siang bolong apalah yang mau di takutin ya kan?? Oia Saat ini St John Island menjadi Aqua marine culture center yaitu tempat penelitian biota laut di Singapura. Β  Ada beberapa bangunan chalet yang bisa disewa bagi pengunjung yang akan bermalam dan ada juga camping ground disini. Semua dikelola oleh Sentosa group.

IMG_4560
jalur penghubung antara St john dan Lazarus island

IMG_4563

Hanya 1 jam saja waktu yang diperlukan untuk mengelilingi St. John Island. Kalian bisa menemukan banyak sekali kucing di pulau ini, sepertinya mereka dipelihara oleh pengelola pulau. Oia tidak banyak toilet disini, seinget gw cuma ada satu di dekat camping ground. Aquamarine center juga tutup jadi gw ga bisa masuk untuk melihat-lihat.

Setelah gw rasa cukup di St John island, gw jalan menuju Lazarus island. Yaitu pulau kecil yang terhubung dengan St. John. Gw sempet pesimis kalau lagoon di Lazarus bakalan biasa aja kayak di St. John, tetapi gw salah besar karena di Lazarus kalian bisa menemukan hidden blue lagoon yang super kece! Setelah kalian puas treking mengelilingi pulau, kalian bisa bersantai di pinggir lagoon dengan pemandangan laut yang biru tanpa editan! Kalau dibandingkan dengan east coast park dan sentosa, menurut gw ini pantai terbaik. Buat kalian yang mau kesini, jangan lupa bawa bekal makanan sebanyak-banyaknya karena di pulau ini tidak ada fending machine or tempat jualan makanan.

IMG_4557
hidden blue lagoon di Singapore!
IMG_4568
pasir putih bersih

IMG_4569

Gw ingatkan lagi, jangan lupa bawa minuman, makanan, sendal jepit, bikini, lotion anti nyamuk, jas hujan dan payung yaaa! Happy exploring kalian semuaaaa!

 

lot of loves,

CK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s