Haw Par Villa : Taman unik wajib dikunjungi!

IMG_6484

Dikenal juga dengan nama Tiger Balm Garden. Ada yang tau Tiger balm? Balsem cap macan, nah taman ini dibangun oleh pengusaha pemilik Tiger balm group yaitu keluarga AW (Aw boon haw & Haw boon par) dengan tujuan mempromosikan produk mereka yaitu “Tiger Balm”.

Kalau menurut gw, taman ini unik dan menarik. Disini banyak diorama dan patung-patung berdasarkan legenda, filosofi, mitologi Cina di zaman dahulu dan yang paling terkenal adalah diorama mengenai “Ten courts of Hell” yang menceritakan tentang neraka dan hukuman yang akan diterima terhadap perbuatan yang dilakukan didunia.

Ada sekitar 1000 patung dan 150 diorama di taman ini. Semuanya penuh warna dan menarik. Banyak sekali karakter yang dibuat berdasarkan legenda Cina mulai dari manusia kera, manusia ikan, manusia kepiting dan masih banyak lagi. Diorama dibangun berdasarkan cerita dimasa lalu, diantaranya :

#TenCourtofHell

Diorama yang menceritakan tentang 10 pengadilan didalam neraka yang dipimpin oleh 10 dewa. Diorama disini sedikit menyeramkan karena menjelaskan tentang hukuman yang harus dijalani atas perbuatan yang tidak baik selama di dunia.

#JourneytotheWest

Merupakan mitologi yang menceritakan tentang seorang pendeta yang membawa kitab suci pada masa dinasti tang.

#FengshenBang

Diorama yang meceritakan tentang jatuhnya dinasti Shang dan berdirinya dinasti Zhou.

#Twenty-four filial exemplars

Menceritakan tentang Zheng sen yang yang belajar mengenai Confucian dan menyebarkannya ke penjuru daerah.

#LegendofWhiteSnake

Diorama yang menceritakan tentang legenda siluman ular putih yang jatuh cinta dengan manusia biasa.

#RomanceofThreeKingdoms

Diorama yang menceritakan tentang penghujung pada masa dinasti han dimana Cina terpecah menjadi 3 negara yang saling bermusuhan.

#LaughingBuddha

Dikenal dengan Budai yang merupakan patung budha yang selalu terlihat tersenyum dengan perut besarnya. Biasanya disebut dengan Fat Budhha. Dalam budaya Cina kuno, karakter budha ini menunjukkan rasa kepuasaan dan kelimpahan.

IMG_6496

Selain itu masih ada patung-patung lain yang tidak bisa gw dapatkan informasinya. Overall Haw par villa wajib untuk didatangi karena taman ini gratis dan beroperasi dari Jam 9 pagi sampai 7 malam. Lokasinya di 262 pasir panjang road dan MRT terdekat adalah Haw Par Villa MRT (circle line / kuning).

Lot of loves,

CK

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s