Sunday trekking di Coney Island

Minggu kemarin gw dan Nico memilih untuk trekking ke Coney Island. Masih di Singapura, pulau ini dulunya dikenal dengan nama Pulau serangoon (bahkan di googlemaps namanya masih pulau serangoon). Letaknya di timur laut negara Singapura, pulau ini dulunya memiliki luas area 13 hektar dan sekarang setelah reklamasi menjadi 133 hektar!

Di Oktober 2015, pemerintahan Singapura menghubungkan Coney Island dengan mainland Singapura menggunakan jembatan dan pintu masuk dari sisi barat dan timur. Sisi barat berada di Punggol promenade / Punggol point walk. Saran gw mulailah perjalanan ke Coney island dari sini karena lebih mudah! Hanya ada 1 bus menuju Punggol Promenade dari terminal bus Punggol yaitu bus nomer 84.

Perlu diingat bahwa di Coney Island tidak ada fasilitas apa-apa bahkan toilet pun tidak ada. Ada dua cara yang bisa dipilih saat mengelilingi Coney island yaitu berjalan kaki atau menggunakan sepeda. Jarak dari sisi barat menuju timur sekitar 2.5km apabila ditambah berjalan kaki di jalan kecil diluar jalur utama akan bertambah panjang tentunya.

Vegetasi di Coney Island berupa mangrove, rawa, dan mayoritas tanahnya ditumbuhi pohon cemara yang tingginya mencapai 3,5 meter dengan diameter 2 meter. Banyak sekali burung di Pulau ini dan kalau beruntung kalian bisa menemukan berang-berang dan sapi hutan.

Untuk beristirahat kalian bisa menuju Coney Island west promenade, disitu kalian bisa menemukan batang-batang pohon besar yang bisa dijadikan tempat duduk dan menghadap langsung ke shorline Johor Malaysia. Ada 5 titik pantai yang disebut beach point A,B,C,D,E yang bisa kalian jadikan tempat istirahat juga tetapi pantainya sudah tekontaminasi dengan plastik dan limbah dari kapal-kapal besar yang melintas. miris.

Setelah berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam, kita sampai di pintu masuk sisi timur yang berada di lorong halus dan Pasir ris indutri area. Apabila kalian menemukan dam besar berarti kalian ada di sisi ini. Kalau kalian berjalan kaki kayak kita, ikuti petunjuk ke arah park connector sampai menemukan lorong halus bridge dan cari kadaloor LRT. Kalau masuk dari sisi timur menurut gw lebih panjang dan complicated.

Sekian cerita dari Coney Island Park, overall disana itu sangat sunyi, menenangkan dan memberikan energi positif. Jangan lupa berbekal minum, makanan secukupnya dan spray anti serangga ya!

Lot of loves,

CK

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s