Memulai hidup di Singapura

Nama resminya Republik Singapura. Letaknya tidak jauh dari Ibukota Jakarta, hanya 1,5 jam menggunakan pesawat. Singapura dan merupakan anggota ASEAN dan merdeka pada 9 Agustus 1965, dari situlah perkembangan dan kemajuan negaranya dimulai.

Saat ini Singapura menjadi negara dengan kualitas hidup nomor satu se-Asia dan peringkat ke sebelas di seluruh dunia. Menurut gw Singapura sangat jauh lebih maju jika dibandingkan negara ASEAN lainnya. Biaya hidup di Singapura yang sangat tinggi, keamaan terjamin, tingkat korupsi yang sangat rendah, bahkan mata uang Singapura SGD (Singapore dollar) apabila dibandingkan dengan rupiah saat ini kurs nya sangat tinggi..

Memulai hidup di Singapura harus diawali dengan IZIN TINGGAL RESMI yang disesuaikan dengan tujuan dan kriteria yang bisa kalian lihat di situs https://www.mom.gov.sg/.  Mau tujuannya belajar, bekerja, mengikuti suami atau apapun tujuannya harus dipastikan langkah awal adalah MEMILIKI IZIN TINGGAL RESMI. 

Langkah berikutnya baru mencari tempat tinggal. Harga properti di Singapura sangat mahal jadi kebanyakan orang sewa daripada membeli. Untuk tempat tinggal ada 4 pilihan bagi expats untuk disewa, ada HDB (Housing and development board), Condominium, Apartment & rumah.

HDB ( housing development board)

HDB adalah properti yang berupa blok bangunan seperti rumah susun yang sangat luas dan biasanya berada di tengah kota dekat dengan mrt/bus station. Bangunan HDB bentuknya hampir sama dan dikelola oleh pemerintah. HDB tidak memiliki fasilitas seperti kolam renang / gym / lapangan tenis tetapi pemerintahan Singapura sudah menyediakan community center (berisi berbagai macam fasilitas olahraga) di setiap district yang bisa digunakan oleh masyarakatnya. Harga sewa HDB sekitar SG$ 1200 – 5000 tergantung pada luas, kelengkapan furniture dan jumlah kamar yang ada. Ciri khas HDB yang paling gw suka adalah selalu banyak warung dan hawker place (food court). Warganegara Singapura dan PR (permanent residence) bisa membeli properti ini dengan mengajukan pinjaman ke bank dan akan mendapatkan hak pakai 99 tahun. Khusus untuk PR hanya bisa membeli properti second di Singapura.

Condominium

Jenis properti yang individual, biasanya hanya terdiri dari 1 unit bangunan yang mewah dan dimiliki oleh swasta. Fasilitasnya lebih eksklusif seperti adanya security, kolam renang dan gym. Bahkan kadang ditambah dengan ruang serbaguna, bbq pit dan lapangan tenis. Condominium di singapura biasanya memiliki kamar studio, penthouse dan multiple rooms unit. Semakin banyak fasilitas, furniture dan semakin strategis lokasinya maka harga sewa condominium akan semakin tinggi. Contohnya yang gw tempatin sekarang lokasinya di East coast, luasnya sekitar 70m2 dengan 2 kamar tidur, 2 kamar mandi, furniture lengkap dengan kolam renang di rooftop dan gym. Harga sewanya SG$ 2400 / bulan dengan sistem kontrak 2 tahun. Condominium gw termaksud murah dibandingkan dengan beberapa condominium disekitar yang harganya mencapai SG$ 5000 untuk fasilitas yang sama!

Apartment

Sebenarnya apartment hampir sama dengan condominium tetapi harganya bisa lebih murah dan bangunannya lebih tua dibandingkan dengan condominium. Kadang ada kolam renang tetapi ukurannya kecil.

Perumahan (landed property)

Nah ini properti paling mahal baik sewa maupun milik pribadi. Warganegara Singapura menganggap orang yang memiliki rumah berarti orang yang sudah berada di posisi paling atas dari semua society. Mahalnya biaya maintenance, luasnya tanah dan privasi yang sangat tinggi itulah harga yang harus kalian bayar.

Dulu sebelum gw pindah ke Singapura, Nico stay di apartment daerah Clarke Quay dengan temannya. Harga sewa SG$ 6000/ bulan dibagi dua berarti SG$ 3000 / bulannya. itu belum termaksud dengan listrik, air, sampah dan internet.

Langkah berikutnya mengurus utilities nya  :

Instalasi Listrik, Air, Gas & Sampah

Waktu gw mengurus Listrik, air, Gas dan sampah masih dikelola oleh satu perusahaan bernama SPgroup (Sekarang sudah banyak provider listrik lain yang menawarkan promo dan harga yang sangat bervariasi). SPgroup adalah perusahaan energi terbesar di Asia pasific. Langkah awal gw harus membuat akun di SPgroup melalui telepon. Akun berisi semua data dan menyertakan rekening tabungan (untuk pembayaran deposito dan autodebit tagihan setiap bulan). Setelah akun terdaftar dan nomor pelanggan keluar, gw diminta untuk deposit SG$ 500. Tagihan bulanan akan dikirim melalui pos ke alamat rumah dan pembayaran di debit dari rekening tabungan yang terdaftar (ada beberapa pilihan cara pembayaran). Auto debit pilihan yang tepat jadi tidak akan pernah telat membayar listrik apalagi kena denda. Spgroup akan menghitung biaya rata-rata penggunaan listrik setiap bulannya.

Internet Broadband

Untuk wifi di rumah, kita memilih M1 karena saat mendaftar kita mendapat harga promo flat selama 2 tahun seharga SG$ 44 / bulan dengan kecepatan internet 1GB dan unlimited use. Langkah awalnya kalian bisa mendaftar ke gerai M1, daftarkan semua data dan sertakan rekening tabungan. Mereka akan mengeluarkan kontrak perjanjian dan pembayaran akan langsung di auto debit ke rekening tabungan yang terdaftar. Di singapura ada 7 provider yang menggunakan optic fiber broadband yaitu : Singtel, M1, singhub, Netlinktrust, Nucleus connect, My republic sg dan ViewQwest. Harganya tentu bervariasi dan bisa kalian sesuaikan dengan budget dan keperluan di rumah. Menurut gw pakai M1 sudah cukup bagus tidak pernah buffering. Di Singapura merupakan salah satu negara dengan internet tercepat di dunia loh!

Mobile Broadband

Hanya ada 3 provider telephone di Singapura yaitu Singtel, M1 dan Singhub. Nah ketiga provider ini selalu memberikan bundle plan dengan HP terbaru. Iphone merupakan brand paling happening banget, setiap tipe terbaru release sudah pasti semua apple store dengan provider bundle plan pasti habis. Singtel adalah provider paling terkenal dan paling mahal kalau menurut gw. Nico saat ini menggunaka Singtel Bundle plan Iphone  dengan kontrak 2 tahun. Tidak dikenakan biaya pembelian Iphone tetapi setiap bulannya harus membayar SG$ 100 flat selama 2 tahun, setelah itu Iphone jadi milik pribadi.

Transportasi

Kendaraan seperti mobil dan motor disini merupakan barang mewah. Contohnya mobil, harganya mungkin sama saja dengan di Indonesia tetapi yang mahal adalah COE (certificate of entitelment) atau plat nomor yang harus diperbarui setiap 10 tahun. Biaya COE itu sendiri bisa mencapai SG$ 50.000 untuk mobil dan SG$10.000 untuk motor diluar harga kendaraan dan pajak. Beda bagi citizen dan Permanent Residence yang bisa dapat pinjaman dari negara.

Kita memilih menggunakan publik transportasi yang dikelola oleh SBSTransit berupa bus dan MRT. Semua petunjuk sangat jelas dan sangat praktis . Gw punya kartu ERP yang bisa digunakan di MRT dan bus. Selalu ingat untuk tap-in dan tap-out supaya tidak kena denda. Kalau tidak punya kartu ERP tidak masalah kalian bisa beli one way tiket di mesin untuk MRT dan di bus tinggal bayar langsung menggunakan uang koin. Gw juga download aplikasi Mytransport untuk memudahkan dalam mengecek jadwal bus dan mengetahui bus atau mrt apa yang harus gw gunakan untuk mencapai tujuan.

Kendaraan lainnya yang lagi hits adalah obike. Obike adalah aplikasi untuk menyewa sepeda, kalian harus mendowload aplikasinya di playstore / Istore. Setelah itu regristrasi dan diwajibkan memberikan deposit sebesar SG$ 50. Sepeda bisa di sewa sesuai waktu yang diinginkan. Kalian harus mempunyai akun untuk membuka gembok sepeda dan sepeda akan menghitung jarak yang kita tempuh persis seperti fitbit. SUDAH BANGKRUT

Selain itu banyak temen-temen gw yang punya scooter electric. Scooter electric ini bisa di charge dan bisa digunakan up to 2 jam. Kalau batrei nya habis tinggal di lipat dan dibawa didalam bus or mrt deh. Harganya sekitar SG$ 800 – SG$ 3000. SUDAH DILARANG OLEH PEMERINTAH

Taxi online juga bisa menjadi pilihan di Singapura. Harganya sangat terjangkau. Ada grab, gojek, TADA merupakan aplikasi online yang cukup terkenal di Singapura.

Terakhir taxi argo biasa. Ada banyak pilihan perusahaan taxi di Singapura (walaupun tidak sebanyak di Jakarta ya). Apabila menggunakan taxi di atas jam 12 malam, maka akan dikenakan biaya tambahan yang disebut “midnight surcharge” yang akan ditambahkan dengan harga argo. Enaknya menggunakan taxi di saat peak hour, harganya akan lebih murah dibandingkan dengan harga taxi online.

Grocery

Untuk keperluan sehari-hari gw sering belanja di Giant dan Fairprice yang merupakan supermarket terdekat dengan rumah dan harga yang relatif murah. Ada supermarket lain seperti cold storage, farmer market yang menjual produk premium dan harganya sedikit lebih mahal. Disini ada juga pasar tradisional yang dekat dengan rumah gw namanya Geylang Serai yang buka dari jam 7 pagi sampai jam 12 siang. Kalian juga bisa belanja online di Redmart. Oia Gw saranin jangan lupa bikin member karena untuk mengumpulkan point dan nantinya bisa di reedem. Pemerintahan Singapura lagi berusaha untuk mengurangi penggunaan plastik jadi banyak masyarakat yang membawa tas belanjanya sendiri termaksud gw 😎

Buka Rekening bank

Pemerintahan Singapura juga berupaya untuk mengurangi penggunaan uang cash. Jadi setiap bank disini berlomba-lomba memberikan kartu debit dengan fitur terbaik. Untuk membuka rekening bank tidaklah terlalu sulit, syaratnya :

  1. Paspport dan kartu ID Singapura
  2. Keterangan domisili yang bisa dibuktikan dengan tagihan listrik / Internet
  3. Uang untuk deposit awal
  4. Transkip gaji bulanan atau sertifikat pernikahan apabila tidak bekerja

Gw udah 3 kali ganti bank dari Cit*bank, D*S dan U*B. Tabungan Cit*bank gw bikin karena Nico memiliki tabungan yang sama, tapi karena birokrasi yang terlalu bertele-tele akhirnya gw tutup, lagipula untuk saldo minimal di tabungan Citibank SG$ 5.000. Berikutnya gw buka D*S, syaratnya sama tetapi saldo minimal lebih rendah yaitu SG$ 3000. Gw keep tabungan ini cukup lama sampai seorang temen menjelaskan bahwa di U*B saldo minimalnya hanya SG$ 500. Akhirnya gw tutup DBS dan pindah ke U*B sampai sekarang. Disini kalian bisa menggunakan kartu debit/ kredit untuk melakukan pembayaran hampir disetiap tempat dengan tambahan fitur seperti NETPAY, FLASHPAY, PAYWAVE (kecuali di warung kecil atau hawker center).

Asisten Rumah Tangga / Helper

Kalau disini disebut dengan Helper . Memiliki Helper disini jauh lebih mahal dibandingkan dengan di Indonesia. Dominan Helper berasal dari Indonesia, Myanmar dan Filipina. Kalian bisa mempekerjakan Helper dari kantor agency. Perkiraan biaya Helper :

  1. Gajinya setiap bulan antara SG$ 650 – 850 ( tergantung dengan siapa mereka bekerja, biasanya expat family memberikan gaji lebih tinggi dibandingkan lokal)
  2. Agent fee mencapai SG$ 200 per bulan
  3. Memberikan uang tambahan di hari libur
  4. Membiayai tiket untuk mudik ke negara asal
  5. Membayar asuransi kesehatan dan semua biaya rumah sakit apabila sakit

Bisa juga kalian bawa Helper sendiri. Misalnya dari Indonesia dan buat permit sendiri, tidak mudah tetapi bisa asal mengikuti semua peraturan. Saat ini gw tidak punya Helper secara gw masih bisa mengurus rumah sendiri.

Pekerjaan

Last gw mau bahas tentang pekerjaan. Gw tidak bekerja resmi di Singapura. Gw masih kerja remotel membantu perusahaan di Jakarta dengan bayaran masih rupiah. Disini kalau kerja freelance / part time kalian harus daftar ke IRAS (Inland Revenue Authority Singapore) dan membayar pajak.

Sekian curhat gw kali ini, semoga membantu buat kalian yang mau relocate ke Singapura! Kalau ada pertanyaan drop comment or email ya!

Salam,

CIKA

Leave a comment